Tuesday, December 19, 2017

8 stadiun termahal didunia



Semakin besar stadion semakin besar pula keseriusan pemerintah setempat atau klub yang memiliki stadion tersebut dalam hal olahraga khususnya sepakbola. Banyak stadion sepakbola di dunia ini yang megah dan memiliki kualitas yang terbaik dari berbagai aspek. Pembangunan stadion tersebut tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, dan kita akan membahas tentang beberapa stadion termahal di dunia dan berikut ini adalah ulasan singkatnya, data diambil dari situs Soccerladuma.co.za.

1. Wembley Stadium (Inggris)



Terletak di London, stadion Wembley yang menjadi markas timnas Inggris ini dalam pembuatannya menelan biaya sekitar $1,25 Milyar, jumlah yang fantastis dan tidak bisa dibilang sedikit. Wembley juga menjadi stadion terbaik di tanah Inggris.

2. Olympic Stadium (Inggris)



Stadion Olimpiade atau Olympic Stadium yang pertama kali diresmikan pada 2011 dibangun guna keperluan Olimpiade London 2012 dan dalam pembangunannya menghabiskan dana sekitar $800 juta. Olympic Stadium selain menjadi stadion sepakbola juga menjadi stadion multiguna dan berkapasitas sekitar 80 ribu penonton.


3. Stadion Cape Town (Afrika Selatan)



Stadion yang digunakan pada pagelaran Piala Dunia 2010 ini biaya pembuatannya menghabiskan dana sekitar $600 juta dan menjadi stadion sepakbola termahal di negara tersebut.

4. Emirates Stadium (Inggris)



Stadion megah yang satu ini mulai digunakan Arsenal sejak 2006 dan menelan biaya pembuatan sekitar $570 juta. Emirates jelas jauh lebih megah dari stadion Arsenal sebelumnya, yaitu stadion Highbury

5. Aviva Stadium (Republik Irlandia)



Salah satu stadion terbaik di Irlandia ini terletak di kota Dublin dan mulai digunakan sejak 2010. Aviva stadium menghabiskan dana sekitar $570 juta dalam pembangunannya. Stadion ini menjadi markas timnas sepakbola irlandia

6. santiago bernabeu



Stadion kebangaan Real Madrid ini memang terkenal dengan kemegahannya. Tak heran, karena stadion yang pernah digunakan pada Piala Dunia 1982 ini memakan dana sekitar $550 juta.
7. Arena Corinthians (Brasil)

Merupakan stadion sepakbola di Sao Paulo yang dibangun untuk Piala Dunia 2014 dan biaya pembuatannya adalah sekitar $500 juta. Stadion ini menjadi markas bagi tim Corinthians sejak tahun 2014.

8. Allianz Arena (Jerman)



Markas Bayern Munchen ini memang terlihat keren di malam hari karena bisa menyala dengan warna merah di bagian luar. Allianz Arena yang menghabiskan dana sekitar $470 juta untuk pembuatannya itu dibuka pertama kali pada 2005.